Program Sinergi Pemberdayaan Ekonomi (Prospek)


PKPU TEBAR 80 RIBU BIBIT LELE
KUDUS - PKPU gulirkan Program Sinergi Pemberdayaan Ekonomi (Prospek), pada Jumat (25/3/2011). Program ini menyasar 4 Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Dukuh Bangkol Desa Purwokerto Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Jawa Tengah. Acara ini digelar setelah sebelumnya PKPU KCP Kudus terlebih dahulu memberikan pelatihan secara teori dan praktek kepada peserta program.

Program ini diperuntukkan bagi empat kelompok KSM yaitu BW Unggul, Langgeng Jaya, Sidodadi dan Mekarsari. Anggota KSM adalah kepala keluarga yang belum mempunyai pekerjaan tetap. Untuk mengawal usaha pemberdayaan melalui budidaya pembibitan lele ini sampai pada tingkat keberhasilan yang diinginkan maka dihadirkan pelatih yang sudah berpengalaman dibidangnya untuk mendampingi mereka.

Program ini mendapat sambutan hangat dari Kepala Desa Purwokwerto, Sustyaningsih. “Program seperti ini merupakan hal yang luar biasa dan baru di wilayah desa ini,” ungkapnya. Hal senada disampaikan Toyo, perwakilan dari Kecamatan Tayu. “Niat yang baik dari PKPU ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena jarang ada kesempatan seperti ini,” terang Toyo.

Acara dilanjutkan dengan penebaran benih bibit lele sebanyak 80 ribu ekor ke kolam yang di telah buat oleh para peserta sendiri sebagai hasil praktek pelatihan. Kepala KCP Kudus, Saebani berharap program ini akan dapat berkembang dan bergulir. “Kesuksesan bapak-bapak sekalian akan menginspirasi kelompok-kelompok baru di wilayah ini,” papar Saebani. “Alangkah bahagianya kita, kalau kelompok baru nantinya merupakan pengguliran program dari yang usaha yang telah berjalan ini,” lanjut Saebani.  

Ikut hadir dalam gelaran ini para tokoh masyarakat setempat, diantaranya Ustad Gamal Haris yang mengaku bangga menjadi donatur PKPU KCP Kudus. Ia mengungkapkan rasa bahagianya karena PKPU dapat menyelenggarakan agenda seperti ini. “Harapan saya, melalui usaha ini para peserta dapat meningkat taraf hidupnya,” tukas Gamal. (PKPU/Defi A/Kudus)