Program Peduli Kesehatan


PKPU GELAR PENGOBATAN GRATIS !
KUDUS, Senin 04 April 2011 suasana KANTOR POS Kecamatan Bae Kudus tidak seperti biasanya, pagi itu ratusan kursi telah tersusun rapi dibawah naungan tenda bak orang punya kerja. banyak yang sudah mengantri menunggu giliran dipanggil panitia. Ya PKPU kembali menggelar pengobatan secara cuma-cuma kepada warga masyarakat di Dukuh Karangdowo RT.03 RW. 05 Desa Bae Kec. Bae Kab. Kudus dalam penyelenggaraan kali ini PKPU menggandeng BMT Harapan Ummat dan Kantor Pos Kecamatan Bae sebagai penyedia tempat.
Selain program ini ditujukan kepada warga desa Bae dan sekitarnya dipilihnya tanggal 4 hari ini karena menyesuaikan dengan agenda rutin kantor pos yaitu pengambilan dana pensiun oleh para pensiunan yang umumnya berusia lanjut (lansia) dengan harapan mereka mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis bagi yang membutuhkan selaras harapan Halim Kepala Kantor Pos Kecamatan Bae.
Hadir dalam acara ini perwakilan dari kecamatan Bae, Sudarmaji mengatakan “ Pengobatan Gratis ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat oleh karena itu kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada PKPU sebagai penyelenggara acara ini” demikian ujar Sudarmaji. dalam kesempatan yang sama Kepala PKPU KCP Kudus menyampaikan harapan agar Pelayanan Pengobatan Gratis ini bermanfaat sekaligus membantu meringankan beban warga khususnya dalam hal pengeluaran untuk kesehatan. Selain itu Saebani juga berkesempatan membuka acara dengan membaca ummul kitab sebagai tanda dimulainya pemeriksaan pengobatan gratis.
Dan saat yang ditungu-tunggu pun tiba ditandai dengan pemanggilan nomor antrian pertama dimulailah pemeriksaan, dari pemeriksaan tekanan darah kemudian dilanjutkan pemeriksaan oleh dokter dan penukaran resep  ke bagian obat. Antusiasme warga terlihat ketika para peserta yang berjumlah 138 orang itu mengikuti dengan sabar dan tertib walaupun sesekali panitia harus memapah sampai ke tempat pemeriksaan. sebelum pulang peserta juga mendapatkan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau persembahan dari Kantor Pos. “Terima kasih pak” ucap Siti sambil melintas ke luar ruangan.
Dari pemeriksaan dokter yang di pandu oleh dr. Evi terungkap rata-rata pasien mengeluhkan tentang nyeri di persendian (asam urat) dan pagal-pegal di sekujur tubuh, “maklum kebanyakan mereka telah berusia diatas 45 tahun”. Tutur Ida dokter yang juga ikut dalam aksi PKPU ini.
Ngadiyem salah satu warga setempat mengaku senang adanya kegiatan seperti ini, biasanya kalau berobat ke mantri kesehatan terdekat dan untuk itu dia harus merogoh kocek minimal 15 ribu rupiah sekali pemeriksaan. Untuk itu Ngadiyem berharap agar pengobatan seperti ini bisa diadakan setiap 3 bulan sekali di desanya pinta Ngadiyem yang diiyakan Moeri tetangganya.