PKPU Edukasi Lewat Belanja Bareng Yatim

KUDUS – Ramadhan merupakan bulan yang selalu dinanti oleh umat Islam untuk merefresh lagi keimanan, ketakwaan kepada Allah SWT. Salah satu langkah yang dilakukan umat Islam selain menjalankan ibadah puasa, memberikan kebahagiaan kepada anak yatim dengan cara memberikan hadiah merupakan bentuk kebaikan.
Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU KCP Kudus bekerja sama dengan Ramayana & Ada Swalayan Kudus mengajak sebanyak 100 anak yatim di kota itu, berbelanja bareng kebutuhan Lebaran 1435 Hijriah.

Program belanja bareng anak yatim dipusatkan di pasar Modern. Anak yatim diberikan kesempatan memilih sendiri apa saja kebutuhan lebaran mereka, sehingga dapat merasakan kegembiraan sama seperti anak lainnya yang memiliki kedua orang tua.

Program ini dilaksanakan bertujuan untuk berbagi kebahagian bagi Yatim dan Dhuafa yang ada di sekeliling. Bentuk programnya yaitu: anak-anak yatim diajak berbelanja di pusat perpelanjaan dan memilih barang yang mereka inginkan, serta didampingi oleh beberapa orang pendamping.

“Aktivitas ini juga memberikan edukasi dalam mengatur keuangan. Mengapa? karena Mereka (Anak-anak yatim, Red) telah belajar menulis kebutuhan yang disesuaikan dengan nilai voucher belanja yang diberikan. Anak-anak yatim itu berasal dari seluruh kecamatan di kabupaten kudus, ” ungkap Saebani, Kepala PKPU KCP Kudus

Anak-anak tersebut sebelum membeli barang-barang di Ramayana & Ada Swalayan, mereka mengikuti secara simbolis penyerahan bantuan dari pihak PKPU kepada perwakilan anak yatim. Sebelum masuk, mereka diberikan pengarahan teknis terlebih dulu dan nasehat untuk mendahulukan membeli barang-barang yang penting.

Setiap anak mendapatkan voucher berbelanja sebesar Rp 150.000. Kemudian mereka dibagi menjadi ke dalam 20 kelompok, masing-masing kelompok ini terdiri atas 5 anak dengan satu pendamping.

Aldi, salah satu peserta mengatakan, dirinya bahagia bisa membeli peralatan sekolah seperti buku, alat tulis, buku gambar, sepatu dan crayon. Dia senang bisa kembali bersekolah seperti teman-temannya yang lainnya dengan memakai sepatu baru. “Dan alat sekolah yang saya beli ini akan saya gunakan saat masuk sekolah nanti,” katanya dengan wajah ceria.

Kegembiraan terlihat jelas dari raut wajah anak-anak peserta belanja bareng, karena bisa menyonsong Lebaran sama seperti masyarakat lainnya. Umumnya peserta belanja bareng anak yatim itu, yang tinggal di luar panti asuhan atau hidup bersama ibunya yang janda dan kurang mampu.

Apalagi di dalam bulan Ramadhan dan menghadapi Idul Fitri, menjadi tugas kaum muslimin membahagiakan kaum dhuafa tersebut. Jangan kita biarkan anak yatim bersedih, tapi berikan selalu perhatian dan kepedulian seperti yang dilakukan PKPU dengan mengajak anak yatim memenuhi kebutuhan Lebaran mereka.

Bagi para dermawan, donatur serta perusahaan yang ingin ikut berpartisipasi dalam program Ramadan PKPU dapat menghubungi Graha PKPU Kudus Jalan Jepara No.421 Prambatan Lor Kaliwungu Kudus, Telp (0291) 3304337, 081326080808 (jemput donasi). Trans donasi via BSM: 701.449.3338, BNI Syariah: 800.777777.5 a/n PKPU.

Sumber: Radar Kudus, kolom Jalan ke Surga, Senin 21 Juli 2014


Reaksi: