PKPU Berikan Bingkisan Lebaran Kepada Penjual Jamu Gendong

KUDUS – Sebagai lembaga zakat nasional dan lemabag kemanusiaan nasional PKPU KCP Kudus terus melakukan penyebaran manfaat kepada para mustahik. Kali ini PKPU memberikan santunan paket Lebaran kepada penjual jamu gendong dan mengajak buka bersama di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran, Wisma Quran, Rabu (16/7/2014) lalu.



PKPU KCP Kudus sengaja mengambil sasaran para penjual jamu gendong karena sebagian mereka adalah para janda. Selama ini kesejahteraan mereka belum ada yang memperhatikan.

“Sebagai penjual jamu penghasilan mereka belum bisa memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Apalagi sekarang mereka harus bersaing dengan perkembangan jamu dan obat-obatan modern,” kata Saebani, Kepala PKPU KCP Kudus.

Ditambah lagi, lanjut Saebani, selama bulan Ramadhan sebagian besar mereka tidak bisa menjual dagangannya karena para pelanggan mereka berpuasa. “Kami mencoba untuk membagi kebahagiaan Ramadhan ini dengan berbagai profesi. Jika beberapa tahun lalu berturut-turut kami memberikan santunan kepada penggali kubur dan loper koran, para tukang sapu jalan, para penyandang cacat yang masih giat bekerja, kali ini kebahagiaan sampai pada para penjual jamu gendong,” tutur Saebani.

Sebanyak 50 orang penjual jamu gendong menerima santuan paket Lebaran. Paket lebaran tersebut berisi sembako seperti beras, gula, minyak sayur, dan kebutuhan lebaran seperti sirup dan biskuit kaleng. Dengan adanya santunan ini, diharapkan kebahagiaan hari raya ada di dalam rumah mereka.

Pada kesempatan tersebut, hadir juga Hj Chumaidah, Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama Kudus, Jawa Tengah yang sekaligus memberikan tausiyah dan motivasi kepada para ibu-ibu penjual jamu gendong.

Bagi anda yang ingin mendonasikan bantuan melalui PKPU, dapat menghubungi kantor PKPU KCP Kudus Jalan Jepara No.421 Prambatan Lor Kaliwungu Kudus, Telp (0291) 3304337 atau 085326080808. Transfer via BSM 701.449.3338, BNI Syariah 800.777777.05 an. PKPU. (PKPU/Kanglikin/Kudus)




Reaksi: