Kudus Terkepung Banjir dan Longsor, PKPU Kirim Bantuan

KUDUS – Bencana alam banjir dan tanah longsor mengguncang Kudus, Selasa (21/1/2014). Longsoran di wilayah atas mengakibatkan sejumlah rumah penduduk di Dukuh Wetan Kali, Desa Rahtawu dan Dukuh Kambangan, Desa Menawan (Kecamatan Gebog) rusak berat dan ringan.



Longsor juga menimpa di Kecamatan Dawe 2 rumah di Desa Colo dan 2 rumah di Desa Kajar. Adapun banjir di wilayah bawah (Kecamatan Mejobo, Jati, Undaan, Kaliwungu dan Jekulo) di Kecamatan Mejobo meliputi Desa Jojo, Kesambi, Payaman, Hadiwarno, Kirig, Temulus dan Desa Gulangtepus.

Kemudian Kecamatan Kaliwungu meliputi Desa Sidorekso, Blimbing Kidul, Gamong, Kedungdowo, Banget dan Setrokalangan. Lalu Kecamatan Undaan meliputi Desa Karangrowo, Ngemplak dan Wates. Kecamatan Jati meliputi Desa Jati Wetan dan Tanjungkarang. Serta Kecamatan Jekulo yang meliputi Desa Pladen, Sidomulyo, Bulungkulon, Bulungcangkring, dan Sadang.

Menurut Kepala PKPU KCP Kudus, Saebani menyampaikan kondisi hujan yang tidak kunjung reda mengakibatkan debit air makin tinggi berkisar antara 50 cm sampai 1,5 meter. “Warga mulai mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan jumlah warga yang mengungsi diperkirakan mencapai ratusan di beberapa titik lokasi, karena beberapa lokasi masih dalam proses evakuasi,” kata Saebani.

Berdasarkan data pengungsi sementara yang berhasil dihimpun PKPU KCP Kudus, yaitu: Gulang (220 orang), Loram Wetan (125 orang), Jepang Pakis (86 orang), Jepang Wetan (78 orang), Payaman (83 orang) dan Karangrowo (200 orang).

Saebani menambahkan, saat ini PKPU KCP Kudus telah mendirikan posko dapur air serta telah mendistribusikan logistik kepada para warga yang masih bertahan di rumah untuk menjaga harta benda mereka. “Mohon doa semoga kami diberikan kelancaran dalam membantu para korban,” pungkas Saebani.

Bagi masyarakat Kudus dan sekitarnya yang ingin meringankan beban saudara kita yang terkena musibah banjir dapat menghubungi PKPU KCP Kudus Jl. Jepara No.421 Prambatan Lor Kaliwungu Kudus Telp. (0291) 3304337, call center 085326080808. Atau transfer via BCA: 0312235526, BSM: 7014493338. (PKPU/Likin/Kudus)