PKPU Adakan PROSMILING di Desa Endemis DBD


KUDUS–Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Kudus kembali mengadakan PROSMILING (program kesehatan masyarakat keliling) berupa penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis kepada masyarakat kurang mampu. Kegiatan tersebut terselenggara di desa Karangaji  Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara, Minggu (29/03/2015). Lokasi yang jauh dari perkotaan dan berdekatan dengan pesisir pantai tidak menjadi hambatan bagi tim PKPU beserta tenaga medis dan relawan.  
Selain pengobatan gratis PKPU memberikan penyuluhan kesehatan oleh Puskesmas Kecamatan Kedung tentang pola hidup sehat dan pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang pada tahun ini endemik di desa Karangaji. 

Koordinator Prosmiling PKPU Kudus Sulikin mengungkapkan,” lokasi tersebut dipilih dengan alasan masih kurangnya kesadaran akan pentingnya kesehatan oleh warga setempat. Ini terlihat dari masih banyaknya warga yang belum menerapkan pola hidup bersih dan sehat seperti buang air besar sembarang (BABS).”  

Kepala Desa Karangaji, Abdillah Fadhol mengungkapkan bahwa program PROSMILING PKPU sangat membantu warga setempat yang mayoritas kurang mampu secara ekonomi dan perlu mendapat bantuan khususnya dalam hal kesehatan. Fasilitas kesehatan desa yang minim dan akses menuju rumah sakit yang jauh dari pemukiman menjadikan program tersebut mendapat antusiasme yang tinggi oleh warga.    

Dalam aksi yang digelar di gedung Posyandu  RT. 13/ RW. 03 tercatat sebanyak 151 orang memanfaatkan pelayanan yang ditangani oleh satu orang tenaga dokter dan bidan, dua orang perawat, tiga orang apoteker dan lima orang relawan tenaga teknis. (PKPU/SULIKIN/KUDUS)

Bagi anda yang ingin mendonasikan bantuan melalui PKPU, dapat menghubungi kantor PKPU KCP Kudus Jalan Jepara no. 421 Prambatan Lor Kaliwungu Kudus, transfer rekening PKPU : BMI 506.000.2495; BSM 701.449.3338; BCA 031.223.5526 (a.n Saebani) Selain itu, dapat dilakukan jemput donasi via telepon di nomor 085101304337 atau 085326080808 (call center).