PKPU Kudus Assessment Wilayah Minus Qurban


Kudus – Ditengah hiruk pikuk para jamaah haji dari berbagai pelosok negeri yang sedang bersiap-siap menuju ke Mekkah untuk menunaikan rukun islam yang ke lima, even besar yang dihadapi oleh umat muslim pada bulan Dzulhijjah ini diantaranya adalah Idul Adha, sebuah kisah Nabi  Ismail as dan ayahnya tercinta Nabi Ibrahim as. Dari sinilah ummat Islam dapat memetik pelajaran yang sangat berharga dari seorang bapak para nabi, perintah berqurban.


PKPU sebagai lembaga kemanusiaan nasional turut berpartisipasi dalam program tersebut melalui program Sebar Qurban Nusantara (SQN). Dengan memfasilitasi para pequrban atau mudhohi untuk merasakan kenikmatan berbagi secara ikhlas, PKPU menawarkan berbagai tempat untuk dilakukan wilayah penyebaran daging qurban.

PKPU memberikan penawaran hewan qurban dengan kualitas yang memenuhi persyaratan hewan qurban yang dipantau oleh tim syariah PKPU. Secara nasional PKPU memberikan penawaran harga untuk kambing sebesar Rp. 1.300.000,- per ekor, dan untuk sapi sebesar Rp. 9.100.000,- per ekor atau untuk sirkah sepertujuh (1/7) sapi sebesar Rp. 1.400.000,-.

“Program ini merupakan upaya PKPU untuk meratakan pembagian daging qurban saat Idul Adha dan sampai kepada penerima manfaat kepada mereka yang lebih berhak. Dari tahun ke tahun kita bisa melihat adanya ketimpangan, di satu wilayah terdistribusi daging secara berlebih. Sedangkan di wilayah lain terjadi sebaliknya, tidak ada penyembelihan hewan qurban sama sekali di sana.”Tutur Saebani Selaku Kepala PKPU Kudus.

Dalam hal ini PKPU Kudus telah mengumpulkan beberapa informasi dan dari data survey team PKPU Ditemukan di beberapa dukuh yang jarang bahkan tahun lalu tidak ada penyembelihan hewan qurban disana. Sebagai contoh, di Kecamatan Jekulo PKPU menemukan Dukuh Turus Desa Tanjung Rejo dengan jumlah kepala keluarga lebih dari 500. Belum lagi di daerah seperti Desa Puyoh Dawe, Semliro Gebog, dan beberapa wilayah di Jepara seperti Desa Bategede Dukuh Lembah dan Tengger dengan penduduk yang cukup luas dan banyak penduduknya namun distribusi hewan qurban tidak sampai di sana.

Untuk itu PKPU kembali mengajak para calon mudhohi untuk turut berpartisipasi dalam program SQN PKPU 2012. Partisipasi donasi dapat dilakukan melalui kantor kami di Jalan Jepara No. 421 Prambatan Lor Kaliwungu, mengunjungi Showroom PKPU di Jalan Ganesha I Purwosari Kudus atau transfer Bank melalui rekening Muamalat kami di nomor: 0000.81.2827 atas nama PKPU. Pelayanan informasi dan jemput donasi juga dapat dilakukan dengan menelpon 085.326.080808 (call center). (Pandu/PKPU/Kudus)