PKPU Kudus Mengadakan layanan Kesehatan di lokasi banjir



Kudus.  (30/01/2013).Banjir yang melanda di kudus sudah hampir dua pekan, di Dukuh gendok Desa Jati Wetan kecamatan jati Kudus ternyata masih banyak warga yang tidak mengungsi. Mereka masih bertahan di masjid dan rumah-rumah mereka .
Dengan ketinggian air rata-rata 70 – 100 cm, yang sebelumnya ketinggian air sampai 150 cm.  sanitasi yang buruk dan sampah pun berserakan, dengan kondisi itu, tentu berbagai penyakit akan mengancam warga  Kondisi itu pula yang membuat  PKPU memberikan banntuannya kepada para korban banjir melalui Program Layanan Kesehatan Gratis di sekitar permukiman dukuh gendok dan Dukuh Barisan Desa Jati Wetan, kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat untuk kesehatan mereka.
Dalam Program Layanan Kesehatan Gratis tersebut  PKPU menurunkan tim medis yang terdiri dari satu dokter, dua perawat, dua Apoteker dan beberapa relawan. Karena kondisi air masih dalam PKPU mengadakan kegiatan ini dengan menyambangi warga yang mengungsi di masjid, atau di rumah penduduk dengan menggunakan perahu.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari warga setempat,mengingat dampak banjir sangat berpengaruh terhadap kesehatan mereka, seperti timbulnya penyakit umum, batuk, influenza, penyakit kulit, diare, dan deman, dan sebagainya,.

Kepala PKPU KCP Kudus, Saebani mengatakan “ Penanggulangan bencana bajir yang terjadi di kudus masih belum usai, setelah tahap evakuasi masih diperlukan upaya rehabilitasi bagi korban banjir. Sehingga rehabilitasi dari sisi kesehatan sangat diperlukan, apalagi dikhawatirkan kesehatan warga yang terkena banjir terancam berbagai macam penyakit”.
Banjir di kudus telah menggenangi di kecamatan jati, kaliwungu, Mejobo, Jekulo, dan Undaan. Insya Allah PKPU akan mengdakan kegiatan serupa di daerah lain.
Bagi yang ingin mendonasikan bantuannya untuk saudara kita yang terkena musibah banjir dan tanah longsor, dapat melakukan via transfer rekening Bank Syari’ah Mandiri 701. 449. 3338  atau datang ke kantor PKPU KCP Kudus di Jalan Jepara No.421 Prambatan Lor Kaliwungu Kudus. Atau untuk layanan jemput donasi bisa menelpon dinomor (0291) 3304337 atau 085.326.080808 (Call center). (PKPU/Sulikin/Kudus)